KULIAH DI DKV? GIMANA SIH RASANYA. .

PENGALAMAN KULIAH DI JURUSAN DKV

Halo teman teman, Aku Dimas Prasetyo merupakan mahasiswa di jurusan DKV yang sekarang ini udah gak asing lah ya bagi kalian. Aku mahasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan disini aku bakal ceritain pengalamanku di semester 1 ini yang wah greget deh pokoknya. Oh iya aku buat postingan ini itu ada alasannya loh, yaitu untuk memenuhi tugas salah satu mata kuliah di DKV yaitu mata kuliah Pengantar Seni Rupa dan Desain yang diampu oleh bapak Pungky Febi Arifianto, M.Sn. Oke deh kita langsung aja masuk ke cerita gimana aku ngejalanin semua di semester 1 ini.
Ok kita mulai dari jawaban pertanyaan diatas kali yah DKV itu kepanjangan dari Desain Komunikasi Visual yang berarti cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen elemen visual untuk menyampaikan pesan, kalo kata aku sih kita harus menyampaikan sebuah informasi dengan visual gitu deh jadi penggunaan kata kata yang kita gunakan itu gak terlalu banyak.

Di semester 1 ini ada beberapa mata kuliah sih di DKV ini, kalo di kampus ku sih ada 8 mata kuliah dan itu gak semuanya praktek yah jadi ada mata kuliah teori juga sih tapi tenang aja gak ada matematika kok hahaha, oiya sampe lupa mau cerita. Semester 1 di DKV itu ibaratnya masa masa dimana yang paling sulit kali yah, karena sih kita kan masih kebiasaan dulu SMA/SMK masih males males gitu santai yah nah di DKV ini tugasnya gak keliatan tapi tiba tiba langsung banyak aja gitu, gaib banget dah pokoknya. Aku bilang gitu karena akunya sih yang salah suka nunda nunda tugas jadi tau tau main segunung aja itu tugas, tips nih buat kalian kalian yang mau ke DKV usahain kalo ada tugas jangan ditunda. suwer deh itu bakal ngagetin banget tiba tiba banyak banget dan mau gak mau harus begadang gitu apalagi kalo kalian juga sambil kerja wah makin puyeng yakin.
Untuk masalah tugas kalo emang mau ditunda seenggaknya 3-4 hari sebelum dikumpul udah jadi sih terus kadang juga ada tambahan nilai gitu kan lumayan ya. Karena tugasnya ini makan banyak banget biaya aku juga sambil kerja jadi yah lumayan bisa buat kebutuhan dan bisa mandiri gak minta orang tua gitu biar gak nyusahin mulu hahaha, btw aku itu freelance illustrasi khususnya di vector di sebuah website jadi yah sampe sekarang sih belum pernah tuh minta orang tua untuk hidup di daerah sini.

Walaupun susah untuk bagi waktu tapi jadi freelance itu enak banget lah kerja dirumah gausah sok rapi rapi bangun pagi pake minyak wangi gitu. tapi tetep sih kuliah harus dilakuin soalnya kan ya gitudeh kalo ngulang kan gak enak banget gitu, jadi walaupun tiap hari begadang mah tetap santai yang penting tugas selesai deadline selesai.

Sampe lupa aku mau cerita gimana ngeri dan betapa horornya ini jurusan yah haha. oke kita mulai dari mata kuliah teori kali ya untuk jurusan teori sih ya begitu deh ya bikin pusing ya tiap orang beda beda sih ya cuma kali aku paling susah itu teori otak kiri gak mau nyaut udah kayak mati aja gitu hahaha, cuma kalo kalian malah pinter di teori sih menurutku bukan suatu yang sulit sih di pelajaran teori tapi inget ya ini untuk orang yang suka teori kalo aku G banget suwer. oh iya ada juga mata kuliah tambahan yang gak nyangkut visual disini itu mungkin seperti tambahan wawasan aja sih dan ngebahas soal tentang teknologi jaman sekarang.

Lalu untuk mata kuliah praktek, nah ini nih yang bikin pusing setiap hari. disini tiap pertemuan pasti ada tugasnya ya taulah ya maba gitu. untuk dosennya di kampusku dosennya santai santai kok cuma ya kadang kalo telat ngumpulin tugas ya gitu deh tau kan hahaha. aku sih di mata kuliah praktek ini suka suka aja sih karena ya tujuanku disini kuliah mau improve kemampuan gambar aku sih biar jadi illustrator yang kece bat hahaha, pertama aku mau bahas untuk yang mata kuliah gambar dulu kali yah.
Di kampusku ini ada 2 mata kuliah gambar yaitu gambar bentuk sama sketsa nah dua duanya ini sama sama masih manual semua untuk gambar bentuk ini aku tiap pertemuan tugasnya menggambar obyek yang ada didepan ya walaupun difoto juga boleh sih dan tiap pertemuan makin sulit obyek nya dan media lukisnya juga sih pertama pakai pensil terus sampe yang terakhir kemarin itu pakai cat air jadi ya siap siap aja ya dan untuk sketsa ya seperti namanya kita harus bisa ngegambar sebuah sketsa dari setiap obyek, ada juga sih tugas yang diluar kampus yang bikin kita kaya anak seni gitu gambar nya di tempat ramai hahaha, kemaren tugas aku itu gambar sketsa wajah manusia di tempat, landmark kota sama yang terakhir itu pasar, yah jujur enak sih kuliahnya kosong diganti pas ngerjain tugas doang cuma ya ada gak enaknya juga soal cuaca yang ujan dan yang lain lain itu deh.

Mata kuliah prakteknya masih ada lagi sih yaitu nirmana dan fotografi dasar nah di nirmana ini kita dituntut agar bisa ngebuat sesuatu yang tidak ada artinya cuma enak dipandang gitu dan suwer ini mata kuliah yang bikin begadang sepanjang malam, ya karena kita harus sabar gitu bikin garisnya biar simetris satu sama lain ya pokoknya ini mata kuliah paling uh deh paling enak sedunia hahaha sarkas dikit kali ya.
Untuk fotografi dasar ini sih santai ngerjainnya dan disini aku diajarin gimana kita nentuin obyek biar telihat menarik, posisi obyek biar terlihat menarik gitu ada aturan aturannya juga dan aku juga diajari gimana itu ngoperasiin kamera biar bisa maksimal penggunaannya, tiap tombol itu dipergunakan dan kita harus tau gitu dan kebanyakan di angkatanku pada tertarik di fotografi ini sih aku aja bingung jarang banget yang illustrasi gitu walaupun ada sih cuma dikit aja gitu.

yah semua itu ada suka duka nya sih yah cuma ada satu yang aku mau tekankan di DKV ini itu banyak banget pengeluaran biaya mulai dari ngeprint dan beli beli peralatan buat praktek manualnya jadi ya siap siap aja kalo awal awal di DKV bakal boros banget tapi tenang aja asal dinikmati aja sih jangan terlalu dipikirin jalanin aja oke.

Mungkin ini dibawah beberapa contoh tugas mata kuliah praktek di semester 1 ini.

Tugas Praktikum Semester 1

Dan ini untuk tugas besar di semester 1 yang video juga ada loh, mari ditonton dulu sambil minum kopi hahaha.


Tugas Dokumenter Kebudayaan Daerah.




Tugas Soft Selling Institut Telkom Purwokerto



Aku yakin kok di DKV ini itu jurusan masa depan maksut aku jurusan masa depan itu adalah lapangan pekerjaannya udah siap menanti di masa depan misalnya illustrator, web desain atau fotografer gitu ya pokoknya gitu deh sebelum masuk ke DKV kalo bisa harus punya visi jangan cuma ngejar biar bisa punya CV ya.



Oke mungkin segitu dulu aja kali yak berbagi pengalamanku di semester 1 DKV ini yang pasti tujuanku masih jauh sangat di DKV ini untuk jadi seorang illustrator yang kece bat hahaha. See yaa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KULIAH DI DKV? GIMANA SIH RASANYA. ."

Post a Comment