MENGENAL CLIPPING MASK DI PHOTOSHOP

MENGENAL CLIPPING MASK DI PHOTOSHOP

Clipping Mask? Apasih itu? Dan gunanya buat apa sih?. Mungkin bagi para digital imaging vexel/vector yang menggunakan photoshop sudah begitu tau tentang Clipping Mask. Di kesempatan kali ini saya bakal share ilmu tentang Clipping Mask.

Sebelum itu, Apa itu Clipping Mask? Setelah saya lakukan riset dan searching (Google) Clipping Mask adalah sebuah mode dimana kita bisa membuat bentuk foto atau gambar mengikuti bentuk pada bidang yang kita tentukan. atau sederhananya memasukkan sebuah objek ke bentuk sebuah objek. Masih bingung nih? Yaudah langsung ke praktek aja lah ya, Oiya btw ini percobaan pake shape yah yang simple.
⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊

1. Pertama buat shape di Photoshop saya disini buat lingkaran.
2. Buat shape lagi terserah mau shape apa, disini saya membuat hati yang haus akan cinta
3. Kemudian geser shape hati ke arah lingkaran sampai menutupi lingkaran, nah disini bagian yang terkena lingkaran inilah yang nantinya muncul, karena seperti penjelasan tadi, Clipiing mask adalah memasukan objek ke bentuk objek yang lain.
4. Kemudian klik kanan shape layer shape hati tadi lalu pilih "Create Clipping Mask"
5. Nah beginilah hasilnya. Bisa kalian lihat bahwa gambar hati masuk ke dalam shape lingkaran kan dan sisanya yang tidak berada di lingkaran akan menghilang, bukan menghilang sih sebenarnya tertutupi mungkin haha. layer yang di Clipping Mask akan ada tanda panah kebawah , lihat yang saya kotakin merah tuh.
Baca Juga : Mengenal Tool Photoshop
Dari contoh di atas kita bisa aplikasikan Clipping Mask dengan cara seperti ini :

➧ Bikin Shape, Saya masih menggunakan shape hati. tapi kali ini hatinya hati yang ga gampang baperan sih.


➧ Kemudian buat shape menggunakan pentool, ini ceritanya hatinya bakal digambar2in gitu ya, lebih baik lah dari pada disakitin kan ya.


➧ Nah saat sampai ke pinggir shape hati nya pasti kalian berpikirin harus ngikutin garis pinggir hatinya kan, tapi tenang dengan Clipping Mask saat sudah sampai pinggir langsung lebihin aja gausah ngikutin garis pinggir hatinya. kaya gini nih.

Baca Juga : Mengenal Layer Style di Photoshop

➧ Nah kemudian shape yang gambaran diatas hati tadi klik kanan kemudian klik "Create Clipping Mask

➧ Penasaran kan sama hasilnya cie cie. Hasilnya kaya gini nih. jadi gambar diatas hati yang lebih tadi bisa langsung ngikutin shape nya si hati jadi ga perlu repot2 buat ngikutin gambar pinggirnya hati langsung Clipping Mask semua selesai oke . 

⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊

Bagaimana sudah paham kan? ada 2 contoh loh diatas dan Clipping Mask ini juga bisa digunakan untuk foto lainnya juga loh, jadi intinya sekreatif apa anda menggunakannya sih hehe. 

Mungkin sekian dulu ya ilmu yang bisa saya bagikan. Jika mungkin ada pertanyaan karena penjelasan saya kurang jelas bisa langsung ditanyakan saja lewat kolom komentar dibawah dan secepat mungkin saya akan jawab kok buat kalian semua hehehe. 

Yah semoga ilmu yang saya post ini bermanfaat bagi kalian semua yang ingin belajar photoshop dan mendalami lebih dalam lagi dan lebih dalam dan lebih dalam, Tidur (Dikira Hipnotis kali ya) .

Sekian saya akhiri,

Salam Lantai Dua Tiga.

===========================================================================================================
Pencarian Terkait :
Mengenal Clipping Mask
Clipping Mask di Photoshop
Cara Clipping Mask di Photoshop
Menggunakan Clipping Mask Photoshop
Fungsi Clipping Mask di Photoshop

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "MENGENAL CLIPPING MASK DI PHOTOSHOP"

  1. I haven’t any word to appreciate this post.....Really i am impressed from this post....the person who create this post it was a great human..thanks for shared this with us. clipping mask photoshop

    ReplyDelete
  2. Clipping path is very much useful especially in graphic design projects that require huge images. Clipping path is the process of creating an outline around a center object while the rest of the image is being made transparent. clipping path Photoshop

    ReplyDelete
  3. Image clipping path has been known to grasp people's attention without even a single breakdown. With the course of time, this service is becoming accepted and there has not been any looking back since its foundation. Photo Clipping

    ReplyDelete