MENGENAL TOOL PHOTOSHOP

MENGENAL TOOL PHOTOSHOP 

Pada artikel pertama ini, saya akan menjelaskan tentang tool tool photoshop dan apa saja fungsinya.

Sebelum mempelajari photoshop lebih dalam ada baiknya kita mulai dari mengenal apa saja nama dan toolbox pada photoshop, karena jika kita tau fungsi toolbox yang ada di photoshop ini kita akan bisa dengan mudah memanipulasi atau menggunakan photoshop dengan baik,

Kenapa kita mulai dari nama dan fungsi toolbox? Ya karena ini adalah dasar dari photoshop. jika kalian ingin mempelajari sesuatu semuanya harus dari dasar bukan . ya seperti itulah kira kira.
Btw, ini basa basi kepanjangan yah. yaudah yuk langsung aja.

Yuk Cekidot :


⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊

1. Move Tool





Move tool berfungsi untuk memindahkan/menggeser sebuah layer & memindahkan foto ke foto yang lain dengan cara drag foto yang ingin dipindah. Ingat yah yang dipindah fotonya bukan hatinya.

2. Marque Tool







Marque Tool befungsi untuk menyeleksi objek, di kelompok ini kalian bisa menyeleksi hati gebetan kalian eh, Revisi untuk meyeleksi foto/objek yang diinginkan dengan bentuk kotak/lingkaran.

3. Lasso Tool






Lasso Tool fungsinya seperti marque tool untuk menyeleksi tapi dengan lasso tool ini kalian bisa bebas menyeleksi hati siapapun yang anda inginkan, Upss, Revisi Kalian bisa bebas menyeleksi obyek dengan bentuk seperti yang anda inginkan sesuai gerakan mouse anda.


4. Selection Tool





Selection Tool tool ini juga berfungsi untuk menyeleksi namun tool ini akan menyeleksi 1 warna yang di klik, penyeleksiannya pun juga bisa diatur dengan nilai tolerance nya, semakin besar maka akan semakin luas juga daerah yang diseleksinya.


5. Eyedropper Tool









Eyedropper Tool berfungsi untuk mengambil sample hati gebetan yang cocok dengan kita ,eh (Revisi) mengambil sample warna dari foto/objek dengan cara mengklik warna yang akan diambil sample, setelah itu maka warna yang di pick/ambil akan langsung ke foreground (Warna depan) .


6. Foreground & Background





Ini bukanlah tool tapi ini adalah sample warna yang dipilih dari Eyedropper tool atau mungkin bisa diubah sesuai keinginan. Warna default dari Foregound & Background ini adalah hitam putih. Seperti kita defaultnya adalah perempuan dan laki laki dan bisa diatur sesuai keinginan (banci), Eh ngomongin apa ini emangnya haha.

Baca Juga : Mengenal Layer Style di Photoshop

7. Brush Tool







Brush Tool ini digunakan untuk melukis/ menggambar sesuai gerakan mouse dan warna yang digunakan sesuai dengan warna Foreground (warna depan). Kita bisa mengatur brush nya dibagian setting, mau tebal mau tipis mau besar mau kecil mau samar samar mau jelas ada semua lengkap, udah cocok kalo dijadiin calon kan hahaha,


8. Blur Tool







Blur Tool berfungsi untuk membuat blur atau menghaluskan sebagian daerah atau suatu objek/foto yang diingikan.
Sharpen Tool jika Blur Tool berfungsi untuk menghaluskan maka, sharpen tool berfungsi untuk menajamkan daerah suatu objek/foto.
Smudge Tool digunakan untuk menggosok objek/foto agar terlihat seperti sapuan jari/kapas saat sedang menggambar diatas kertas.

9. Clone Stamp Tool




Clone Stamp Tool berfungsi untuk mengambil sample dari gambar yang di klik kemudian mengclone atau diterapkan ke atas area lain foto sesuai dengan sample yang diambil.


10. Dodge Tool






Dodge Tool digunakan untuk mencerahkan atau memberikan highlight pada area foto sehingga terlihat lebih cerah dari apa yang kita janjikan dulu #eh.

Burn Tool kebalikan dari dodge tool yaitu berfungsi untuk menggelapkan area foto/objek.
Sponge Tool digunakan untuk merubah saturation pada area tertentu dalam foto.

11. Crop Tool







Crop Tool digunakan untuk memotong gambar atau kanvas.

Perspective Crop Tool Berfungsi untuk memotong dengan bentuk perspective (1 titik fokus).
Slice Tool untuk memotong hasil desain menjadi lebih kecil.
Slice Select Tool digunakan untuk memilih hasil potongan yang telah dipotong menggunakan Slice Tool, jadi tool ini tidak akan berfunsgi jika belum menggunakan Slice tool dalam arti kata tuh Slice Select Tool itu ngga bisa apa apa tanpa Slice Tool, Oh si Slice Tool kenapa kau tidak pernah mengerti perasaan Slice Select Tool, Eh malah bahas apaan yah ini.

12. Eraser Tool






Eraser Tool udah ketebak kan dari namanya ini tool fungsinya buat apa, yap kalian bener tool ini berfungsi buat hapus area gambar/foto bukan untuk menghapus kenangan mantan loh ya, hahaha.

Background Eraser Tool digunakan untuk menghapus background atau latar belakang foto.
Magic Eraser Tool nih tool magic seperti namanya fungsinya yaitu menghapus area tertentu pada foto yang memiliki warna yang serupa dengan satu kali klik, nih tool mantep banget buat yang mau hapus foto dengan background 1 warna (foto KTP, kartu pelajar, SIM)

13.Gradient Tool






Gradient Tool untuk mewarnai bagian foto yang sudah di seleksi sebelumnya dengan menggabungkan dua hati yang sudah serius sebelumnya eh, (Revisi) yang sudah di seleksi dengan menggabungkan 2 warna atau lebih sesuai keinginan.

Paint Bucket Tool digunakan untuk mewarnai bagian tertentu pada foto berdasarkan warna Foreground (Warna depan)

14. History Brush Tool





History Brush Tool digunakan untuk melukis berdasarkan history image

Art History Brush Tool fungsinya sama seperti History Brush Tool tapi pada tool ini untuk desain artistik tertentu.

15. Pen Tool








Pen Tool berfungsi untuk menggambar path sudut atau melengkung kadang tool ini juga digunakan untuk menyeleksi tool ini adalah senjata utama bagi vectoris, dengan hanya berbekal pen tool bahkan seorang vectoris bisa membuat sesuatu yang mengagumkan.

Baca Juga : Mengenal Clipping Mask di Photoshop

16. Type Tool







Type Tool seperti namanya tool ini berfungsi untuk membuat teks ada dua macam format text yang bisa dibuat yaitu horizontal/vertical


17. Edit Toolbar




Toolbox ini berfungsi untuk mengubah tatanan/urutan toolbox yang ada di sisi kiri photoshop,


18. Hand Tool






Hand Tool digunakan untuk menggeser bidang foto dan dibawahnya ada Rotate View Tool yang digunakan untuk memutar masa lalu bersama mantan, eh (Revisi) untuk memutar foto/kanvas.



⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊

Mungkin sampai sini saja sebagian dari ilmu saya tentang fungsi tool yang ada di photoshop. Buat yang mau copy artikel ini untuk blognya atau mungkin untuk belajar saya persilahkan jangan lupa mencantumkan link nya ya, setidaknya anda menghargai saya.

Yap, semoga yang saya post ini bermanfaat bagi yang ingin belajar photoshop dan mendalami lebih dalam lagi dan lebih dalam hehe. sekian saya akhiri, Oh iya yang mau tanya langsung saja komentar di bawah sebisa mungkin akan saya jawab kok tenang aja, hehe.


Salam dari Lantai Dua Tiga.


=====================================================================
Pencarian Terkait :
Pengenalan Tool Photoshop
Mengetahui Tool Photoshop
Mengenal Tool Photoshop
Mengenal Photoshop
Fungsi Tool Photoshop

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "MENGENAL TOOL PHOTOSHOP"

  1. Makasih gan sangat membantu. . .

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu nih gan. . Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. wahh,, komen saya diatas spam gan

    artikelnya bagus ,
    ini referensi darimana ya nulisnya ?

    Saya juga punya blog pengetahuan-listrik.blogspot.com

    ReplyDelete