AKTIFITAS KEBUDAYAAN

AKTIFITAS KEBUDAYAAN 

aktifitas kebudayaan

Kali ini kita akan membahas topik tentang kebudayaan atau lebih tepatnya kita akan membahas tentang kebudayaan di bagian aktifitasnya jadi kita akan membahas aktifitas aktifitas tentang kebudayaan dan juga pengertiannya juga, sebelum itu apasih kebudayaan itu? nah langsung aja kita simak dibawah ya.

KEBUDAYAAN
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Dari pengertian diatas kita tahu kan bahwa sebuah kebudayaan itu adalah hal hal yang berkaitan dengan hati dan akal manusia, lalu apasih aktifitas kebudayaan itu?

budaya


AKTIFITAS KEBUDAYAAN
Aktifitas Kebudayaan, kalo secara tulisan kita tau kan jika yang namanya aktifitas itu ya sesuatu yang dilakukan, tapi gak se simple itu loh. Langsung kita simak aja deh

`Menurut Koentjaraningrat
Wujud kebudayaan sebagai sistem aktivitas merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan sosial yang berpola dari individu dalam suatu masyarakat. Sistem ini terdiri atas aktivitas manusia yang saling berinteraksi dan berhubungan secara kontinu dengan sesamanya. Wujud kebudayaan ini bersifat konkret, bisa difoto, dan bisa dilihat.

Jadi bisa diartikan bahwa aktifitas kebudayaan itu adalah semua kegiatan yang dilakukan individu ataupun berkelompok yang ada di sebuah daerah dan wujudnya itu ada yang bisa kita lihat bisa kita foto ataupun dokumentasikan.

CONTOH AKTIFITAS KEBUDAYAAN
Adapula contoh contoh dari aktifitas kebudayaan ini yang dimiliki oleh setiap daerah masing masing. misalnya :

1. Upacara Ngaben

kebudayaan

Upacara Ngaben adalah upacara pembakaran jenazah di Bali, Indonesia. Upacara ngaben ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan oleh orang bali untuk mengirimkan jenazah pada kehidupan mendatang dengan cara dibakar.

2. Ondel Ondel

aktifitas budaya


Ondel ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Tampaknya ondel ondel ini memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

3. Tari Serimpi

contoh budaya


Tari serimpi adalah salah satu tarian klasik dari Yogyakarta yang ditarikan beberapa penari wanita cantik dan anggun. Tarian ini menggambarkan kesopanan dan kelemah lembutan, yang di tunjukan dari gerakan yang pelan dan lembut oleh para penarinya.

Jadi, begitulah kira kira apa yang dimaksud tentang kebudayaan serta apa yang dimaksud akan aktifitas kebudayaan dan dengan selalu mengetahui budaya atau kebudayaan di daerah, kita bisa lebih mengetahui banyak sekali budaya yang ada di Indonesia tercinta ini.

Sumber : https://www.wikipedia.org/

                                                       ⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊⛊

Sekian yang dapat saya sampaikan semoga ilmunya bermanfaat untuk kalian semua,

Salam Lantai Dua Tiga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AKTIFITAS KEBUDAYAAN"

Post a Comment